10 Bahasa Tersulit di Dunia, Mandarin Memimpin Paling Susah!

10 Bahasa Tersulit di Dunia, Mandarin Memimpin Paling Susah!

Berita Utama | BuddyKu | Selasa, 15 November 2022 - 11:17
share

Dilansir dari laman Ethnologue , di dunia ini terdapat 7.139 bahasa yang digunakan. Jumlah bahasa ini terus bertambah seiring berkembangnya zaman.

Dari banyaknya angka tersebut, terdapat negara yang memiliki bahasa tersulit di dunia. Bahasa tersebut sulit untuk dipelajari hingga dilafalkan.

Lantas, apa saja bahasa tersulit di dunia tersebut? Berikut daftarnya dilansir dari leverageedu.

1. Bahasa Mandarin

bahasa Mandarin
Ilustrasi bahasa Mandarin (freepik.com)

Bahasa Mandarin menjadi bahasa tersulit di dunia untuk dipelajari. Pasalnya, mulai dari sistem penulisan hingga penuturan bahasanya memiliki caranya tersendiri.

Sistem penulisan bahasa mandarin tidak memakai huruf alfabet latin seperti biasanya, melainkan memiliki karakter atau hanzi yang berjumlah ribuan.

Setiap katanya pun dituturkan dengan nada berbeda, sehingga artinya juga berbeda. Bahasa Mandarin telah dituturkan oleh 1,28 miliar pembicara.

Orang-orang yang berasal dari China, Hongkong, Makau, Singapura, dan beberapa bagian di Malaysia hingga Indonesia memakai bahasa ini sehari-hari.

2. Bahasa Arab

bahasa Arab
Ilustrasi bahasa Arab (universeofmemory.com)

Bahasa yang populer dituturkan di timur tengah ini masuk dalam bahasa resmi keenam di PBB. Terdapat lebih dari 300 juta pembicara bahasa ini.

Meskipun demikian, bahasa ini termasuk bahasa tersulit di dunia. Ini karena dialek dan kosakata bahasa Arab sangat banyak hingga lebih dari 200 sinonim.

Gaya penulisannya pun dari kanan ke kiri dan pengucapannya sulit dan kurang vokal dalam bahasa.

3. Bahasa Korea

bahasa Korea
Ilustrasi bahasa Korea (asiasociety.org)

Bahasa Korea merupakan bahasa tersulit dengan aturan tata bahasa yang rumit secara alfabet, struktur kalimat, dan pengucapan.

Meskipun menjadi wishlist bahasa bagi pecinta drama Korea, bahasa ini membutuhkan dedikasi dan latihan terus-menerus untuk menghafal 24 huruf dan pengucapannya hingga benar.

4. Bahasa Jepang

bahasa Jepang
Ilustrasi bahasa Jepang (britannica.com)

Lebih dari 120 juta orang memakai bahasa ini dalam kehidupan sehari-harinya. Namun, bahasa Jepang masih menjadi bahasa tersulit di dunia.

Hal ini karena bahasa Jepang memiliki alfabet berbeda. Setidaknya ada tiga aksara yang digunakan, yakni kanji, hiragana, dan katakana.

Adapun aksara lainnya yang dipakai ialah romaji atau bentuk latin dari akasara Jepang. Ini merupakan yang paling mudah untuk dipelajari orang asing.

5. Bahasa Polandia

bahasa Polandia
Ilustrasi bahasa Polandia (omniglot.com)

Bahasa Polandia merupakan bahasa paling populer keenam di Uni Eropa. Bahasa ini diakui sebagai bahasa minoritas di negara-negara seperti Republik Ceko, Hongaria, Ukraina, dan Lituania.

Bahasa Polandia termasuk bahasa tersulit di dunia. Meskipun bahasanya menggunakan aksara Latin, bahasa ini memiliki beberapa huruf tambahan, sistem gaya bebas tata bahasa yang rumit, dan sangat bergantung pada konsonan.

6. Bahasa Rusia

 bahasa Rusia
Ilustrasi bahasa Rusia (omniglot.com)

Tak sedikit orang di dunia menganggap bahasa Rusia merupakan bahasa tersulit di dunia. Sistem penulisan bahasa ini ditulis dengan abjad latin terbalik.

Alfabet kiril atau cyrilic yang digunakan dalam bahasa Rusia. Alfabet tersebut memiliki pelafalan berbeda dengan huruf latin pada umumnya.

Ini membuat para penutur asing kesulitan mempelajarinya. Ditambah, bahasa tersebut memiliki banyak konsonan dalam beberapa kosakata seperti Bahasa Polandia.

7. Bahasa Turki

 bahasa Turki
Ilustrasi bahasa Turki (omniglot.com)

Di dunia ini terdapat 70 juta penutur bahasa Turki. Meskipun banyak, bahasa ini tetap termasuk bahasa tersulit di dunia.

Bahasa Turki menggunakan huruf konsonan dan kata kerja yang cukup panjang sehingga agak sulit diucapkan penutur asing.

Biasanya, orang-orang yang menguasai bahasa Arab akan lebih mudah mempelajari bahasa ini.

8. Bahasa Yunani

 bahasa Yunani
Ilustrasi bahasa Yunani (omniglot.com)

Bahasa tersusah di dunia ini juga termasuk bahasa paling tua dan telah digunakan oleh lebih dari 40 abad.

Bahasa Yunani sulit dipelajari karena memiliki susunan tata bahasa yang berbeda dengan bahasa-bahasa Eropa pada umumnya.

Selain itu, bahasa ini juga memiliki alfabet mirip bahasa Inggris, namun cara pengucapan yang sulit. Tak sedikit penutur asing yang terbiasa menggunakan tulisan latin terjebak dalam hal ini.

9. Bahasa Islandia

bahasa Islandia
Ilustrasi bahasa Islandia (omniglot.com)

Bahasa Islandia menjadi bahasa paling sulit di dunia. Meskipun bahasa ini tak pernah mengalami perubahan dan tidak memakai konsonan serapan, bahasa Islandia sering membuat istial baru untuk suatu objek atau benda.

Bahasa tersebut tidak dapat ditemukan atau mengacu pada bahasa lain. Selain itu, kosakatanya diklasifikasikan menjadi 15 kelompok dengan cara pelafalan klasik atau kontemporer.

10. Bahasa Thailand

bahasa Thailand
Ilustrasi bahasa Thailand (into-asia.com)

Bahasa Asia paling sulit untuk dipelajari ini memiliki aksara tersendiri yang disebut akson thai.

Aksara Thailand ini dinamakan abugida, sebuah sistem penulisan yang masing-masing konsonannya bisa memunculkan bunyi vokal. Intonasi pengucapan bahasa ini sangat berpengaruh pada sebuah kata.

Nah, itulah beberapa bahasa tersulit di dunia yang paling susah untuk dipelajari. Minat untuk mempelajari salah satunya?

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik