Sosok Vicente Hornai Gonsalves, ASN yang Maju Jadi Cawabup Belu Ingin Sejahterakan Petani

Sosok Vicente Hornai Gonsalves, ASN yang Maju Jadi Cawabup Belu Ingin Sejahterakan Petani

Terkini | belu.inews.id | Jum'at, 27 September 2024 - 12:50
share

ATAMBUA, iNewsBelu.id   - Sosok Vicente Hornai Gonsalves , membuat publik di Kabupaten Belu terkejut. Tiba-tiba namanya muncul sebagai Calon Wakil Bupati Belu  mendampingi Wilybrodus Lay, hal itu tertulis di Surat Keputusan (SK) DPP Partai Gerindra. . Lalu, siapa Vicente ?

Vicente Hornai Gonsalves, Putra Kelahiran Mubara, 12 Desember 1974 dari buah hati pasangan Alm, Jose Inacio Gonsalves (Ayah) dan Amanda Zecab Hornai( Ibu). 

Ditemui iNews ,Vicente sapaan akrabnya  menceritakan latar belakang perjalanannya di kontestasi Pilkada Belu  2024. Menurutnya hal itu berawal sebuah pengalaman hidup sebagai seorang ASN yang mau mengundurkan diri  dan  berjuang demi para petani  yang bertahan hidup  serba berkekurangan Vicente bertekad akan membuktikan kepada diri dan kepada kedua orangtuanya untuk menjadi sosok yang berguna bagi banyak orang.

 "Ayah  saya seorang pensiunan TNI yang juga mengeluti dunia pertanian, dengan segala kekurangan dan kesederhaan itu mereka terus berjuang untuk mendidik dan membesarkan kami anak -anak," Ungkap Vicente.

Vicente kembali menambahkan tidak pernah terlintas dalam pikiran untuk mau maju mencalonkan diri sebagai wakil bupati belu, apalagi saya berprofesi seorang pegawai ASN pada lingkup pemerintahan kabupaten belu, karena kita semua tau disaat ini gampang - gampang susah unutk menajdi seorang CPNS, berbagai pergumulan batin saya lewati, namun dengan dukungan dan bantuan dari keluarga dan juga semangat dan berkat dari Tuhan saya akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir saya sebagai seorang ASN tanpa pesangon dan mau mengabdikan diri saya kepada masyarakat terutama kaum Petani. 

"Memang tidak mudah untuk  memulai semua ini dan tidak pernah terlintas dalam pikiran saya unutk mencalonkan diri sebagai wakil bupati belu, namun saya percaya ini merupakan jalan Tuhan untuk saya mengabdikan diri bagi banyak orang terutama para petani yang kadang dikucilkan." Katanya.  

Dengan segala kekurangan Ayah dan ibu  namun mereka mampu membuktikan dalam diri saya, dan saya bisa menjadi seorang ASN dan kini saya ingin membahagiakan mereka dengan saya mengabdikan diri saya kepada masyarakat belu terutama para petani.

"Untuk semua para petani jangan pernah minder dan malu menjadi seorang petani karena pekerjaan itu sangat mulia karena sorang mau menjadi baik harus ada petani karena dari petani kita bisa mendapatkan sumber makanan," katanya lagi.

 

Saya tidak mau berjanji namun jika Tuhan berkendak kami diberikan kepercayaan maka saya akan terus berjuang untuk kesejahteraan petani dalam segi apapunk.

Vicente mengakui  sempat terlibat berbagai obrolan dengan masyarakat terutama para petani, tentang kondisi masyarakat Kabupaten Belu . Latar belakang ASN dan terlaihir dari kerja keras seorang sosok ayah , membuatnya terdorong untuk ikut dalam kontestasi Pilkada, pikiran singkatnya saat itu bagaimana bisa membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

Alasannya mau berdampingan dengan calon Bupati Belu Wilybrodus Lay, Bapa Wily Lay merupakan sosok yang rendah hati dan tidak pernah membeda bedakan siapapun masyarakat yang datang, kesederhanaan dan peduli dengan masyarakat kecil hal ini yang membuat saya terpanggil dan mau bersama - sama unutk bekerja lebih baik untuk masyarakat.

Sebagai sosok yang ulet dan sederhana juga berbekal keteguhan dan keuletan dan sebagai seorang  pengusaha, sedikit banyak bapak Wily Lay  sering turun langsung bertemu dengan masyarakat. Mengetahui kondisi sosial-ekonomi masyarakat. Perubahan besar untuk Belu  ke depan hanya bisa dilakukan oleh pemimpin yang memiliki visi dan kerendahan hati, dan ini sejalan," ungkapnya.


"Berbekal pengalaman saya sebagai ASN kabid binamarga pada dinas PUPR Belu dan banyak kisah dan perjuangan yang saya lewati bersama dengan masyarakat . Hal ini yang kemudian mendorong saya untuk berkontribusi dengan apa yang saya bisa, baik itu kegiatan sosial maupun keagamaan di tengah masyarakat terutama para petani," paparnya.

"Saya selalu percaya bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Itulah yang menjadi motivasi saya selama ini," sambungnya menutup perbincangan dengan iNews TV.

Topik Menarik