Batam Siapkan Rp 65 Miliar untuk Program Makanan Bergizi

Batam Siapkan Rp 65 Miliar untuk Program Makanan Bergizi

Terkini | batam.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 17:00
share

BATAM, iNewsBatam.id - Untuk mendukung janji kampanye Presiden RI Prabowo Subianto tentang penyediaan makanan bergizi, Pemerintah Kota Batam sedang mempersiapkan anggaran sebesar Rp 65 miliar.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid, menjelaskan bahwa anggaran tersebut berasal dari pengalokasian anggaran yang telah disahkan.

“Kami menganggarkan sekitar Rp 4,153 triliun, dengan 10,25 persen di antaranya dialokasikan untuk program makanan bergizi,” ujarnya, Kamis (24/10/2024).

Dari perhitungan yang dilakukan, Kota Batam memerlukan sekitar Rp 650 miliar untuk merealisasikan program ini, yang akan mencakup sekolah-sekolah dari PAUD, TK, SD, hingga SMP.

“Kebutuhan kita cukup besar, sekitar Rp 650 miliar, sehingga 10,25 persen dari total anggaran adalah Rp 65 miliar yang kami siapkan,” tambahnya.

Jefridin menjelaskan bahwa dana utama untuk program ini akan disediakan oleh pemerintah pusat, sementara Batam akan mendampingi melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Kekurangan dana nantinya akan ditutupi oleh anggaran pemerintah pusat.

“Dana Rp 65 miliar ini akan diambil dari Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata dia.

Namun, pelaksanaan program ini masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat. “Juknisnya belum turun. Kami masih menunggu, dan begitu ada, kami akan segera publikasikan pelaksanaan program ini,” katanya.

Jefridin juga menyampaikan bahwa kepastian terkait pengelolaan program, apakah melalui Dinas Pendidikan atau melalui anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS), masih dalam proses.

Topik Menarik