Penunjang Kinerja, DPRD Cilegon Bentuk Tiga Pansus

Penunjang Kinerja, DPRD Cilegon Bentuk Tiga Pansus

Terkini | banten.inews.id | Selasa, 10 September 2024 - 21:10
share

CILEGON , iNewsBanten - Tiga Pansus itu dibentuk dalam Rapat Paripurna yang digelar di gedung DPRD Cilegon. Pada pembentukan tiga panitia khusus (Pansus) tersebut yakni, Pansus Tata tertib (Tatib) diketuai oleh Faturohmi dari Gerindra. Pansus Kode Etik diketuai oleh Buhaiti dari Partai Amanat Nasional (PAN), dan Pansus Tata Beracara Badan Kehormatan diketuai oleh Qoidatul Sitta dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Menurut Wakil ketua Sementara DPRD Cilegon, Sokhidin mengatakan, pembentukan tiga Panitia Khusus (Pansus) atau terkait pembahasan rancangan peraturan Tata Tertib (Tatib), Kode Etik, dan Tata Beracara Badan Kehormatan, Selasa (10/9/2024).

Dalam pembentukan peraturan tata tertib ini memang sudah menjadi kewajiban rutin dilakukan. Ketika anggota dewan terpilih yang sudah dilantik, pastinya untuk bekerja jadi harus ada tata tertib, ujarnya.

Sokhidin dalam hal ini menyebut, pada penyusunan Tatib DPRD Cilegon akan ada sejumlah perubahan dari Tatib periode 2019-2024. Hal itu diperlukan agar terdapat warna dan atmosfer yang baru dari DPRD Cilegon periode 2024-2029.

Dalam menggunakan Tatib yang lama boleh juga, tetapi dinamika ini sudah berkembang. Pastinya banyak aspirasi atau ada tambahan dari temen-temen (anggota Dewan, red), dan ada yang dikurangi, juga ada yang direvisi. Artinya jika pakai Tatib yang lama, berarti teman-teman ini tidak punya inovasi, apalagi sekarang banyak anggota Dewan yang baru, ungkapnya.

Lebih lanjut, Sokhidin menegaskan penyusunan Tatib hingga Tata Beracara Badan Kehormatan DPRD Cilegon periode 2024-2029 akan segera dituntaskan agar kinerja anggota dapat berjalan secara maksimal.

Kita akan kejar tayang. Untuk program kerja 100 hari pertama, oleh karena itu kerja program ini harus berjalan semuanya sampai nanti ke pembahasan rencana kerja. Karena ketika Tatib belum disahkan, kita belum bisa bekerja, tandasnya

Topik Menarik