KPU Jabar Siapkan Strategi Logistik Efektif untuk Pilkada 2024

KPU Jabar Siapkan Strategi Logistik Efektif untuk Pilkada 2024

Terkini | bandungraya.inews.id | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 23:00
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Jawa Barat, Hari Nazarudin mengungkapkan bahwa KPU tengah mempersiapkan tata kelola logistik untuk Pilkada 2024 berdasarkan evaluasi dari Pemilu 2024. 

Hari menekankan pentingnya langkah-langkah strategis dalam pengelolaan logistik yang meliputi seluruh proses dari pengadaan hingga pendistribusian ke tempat pemungutan suara (TPS).

“Kegiatan hari ini merupakan upaya untuk mengevaluasi dan merumuskan langkah-langkah strategis terkait tata kelola logistik. Kami akan memastikan semua proses, mulai dari produksi hingga pendistribusian, berjalan dengan tepat,” ujar Hari di Grand Hotel Preanger, Jl. Asia Afrika, Kota Bandung, Jumat (11/10/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten/Kota, Sekretaris KPU, serta staf terkait, yang diharapkan dapat menyiapkan langkah-langkah strategi berdasarkan evaluasi yang dilakukan.

Hari menekankan bahwa pengelolaan logistik harus memenuhi prinsip Tepat Jenis, Tepat Jumlah, Tepat Sasaran dan Tepat Waktu.

 

“Kami juga mengharapkan setiap kabupaten/kota dapat melakukan pendistribusian secara efektif dan efisien,” tambahnya.

Terkait daerah terpencil, Hari menjelaskan bahwa proses distribusi dimulai dari penyedia hingga ke TPS. “Kami telah menyiapkan strategi untuk memastikan distribusi berjalan lancar, meskipun di daerah pelosok,” jelasnya.

Menghadapi potensi keadaan darurat seperti bencana atau cuaca buruk, KPU Jabar juga telah menyiapkan langkah-langkah mitigasi. 

“Dengan Pilkada yang jatuh pada 27 November 2024, kami harus mengantisipasi kemungkinan hujan, terutama di daerah pegunungan, dataran, dan pesisir,” kata Hari.

Selain itu, untuk mewujudkan TPS yang ramah disabilitas, KPU Jabar telah merencanakan fasilitas dan alat bantu khusus bagi pemilih dengan kebutuhan khusus. 

 

“Kami memastikan setiap TPS memiliki alat bantu untuk tunanetra, serta akses yang memadai. Kami juga akan menyediakan petugas khusus untuk membantu pemilih disabilitas,” tutup Hari.

Dengan persiapan yang matang, KPU Jabar berkomitmen untuk menyelenggarakan Pilkada 2024 yang inklusif dan efisien.

Topik Menarik