Erick Thohir: Liga Putri Digelar 2026, Target Timnas Wanita ke Piala Dunia 2030

Erick Thohir: Liga Putri Digelar 2026, Target Timnas Wanita ke Piala Dunia 2030

Olahraga | bandungraya.inews.id | Selasa, 8 Oktober 2024 - 21:50
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa PSSI telah mengadakan rapat bersama anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk membahas pengembangan Timnas Wanita Indonesia dan persiapan Liga Putri, yang rencananya baru akan dimulai pada 2026.

"Hari ini kami rapat dengan Exco PSSI terkait Timnas Putri dan kompetisi sepak bola putri," tulis Erick Thohir, dikutip dari Instagram @erickthohir, Selasa (8/10/2024).

Menurut Erick, PSSI ingin memastikan seluruh ekosistem sepak bola wanita sudah siap sebelum meluncurkan Liga Putri. Oleh karena itu, rencana jangka panjang dipersiapkan dengan matang.

"Kami ingin memastikan seluruh ekosistem sudah siap sebelum memulai Liga Putri," ujarnya.

PSSI juga telah menyusun roadmap untuk pengembangan Timnas Wanita Indonesia, dengan target jangka panjang agar bisa berkompetisi di Piala Dunia tahun 2030-an.

 

"Kami menargetkan timnas wanita bisa tembus ke Piala Dunia 2030-an, Untuk mewujudkan mimpi itu, kita harus mulai dari titik nol," kata Erick.

Salah satu langkah yang diambil PSSI adalah menyiapkan program jangka panjang, termasuk uji coba internasional dan training camp di Jepang dan Belanda. Erick menegaskan bahwa pengalaman ini penting untuk meningkatkan kemampuan para pemain.

"Dengan jam terbang tinggi, mereka bisa tumbuh menjadi tim senior yang kompetitif," tambahnya.

Erick juga menyoroti pentingnya kerjasama dengan sektor swasta untuk menemukan talenta muda berbakat.

"Kalau program berjalan konsisten 3-4 tahun, talent pool dari tingkat SD, SMP, dan SMA akan mulai terbentuk," ujarnya.

 

PSSI berharap Liga Putri yang akan dimulai pada 2026/2027 bisa menjadi wadah bagi talenta sepak bola wanita di Indonesia, dengan harapan munculnya lebih banyak pemain muda berbakat seperti Claudia Scheunemann, yang kini berusia 15 tahun.

Topik Menarik