DT Memorial Park, Rumah Masa Depan Program Persiapan Husnul Khotimah

DT Memorial Park, Rumah Masa Depan Program Persiapan Husnul Khotimah

Terkini | bandungraya.inews.id | Jum'at, 27 September 2024 - 22:00
share

BANDUNG BARAT,iNews BandungRaya.id - Daarut Tauhiid (DT) Memorial Park dibangun di Jalan Raya Leuwi Gajah-Cangkorah, Kampung Ciseupan, Desa Giri Asih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Pembangunan "rumah masa depan" dengan total luas mencapai 5,2 hektare ini hasil kerja sama Yayasan Daarut Tauhiid (Wakaf DT) dengan Yayasan Dunia Sementara Akhirat Selamanya (DSAS).

Pemakaman muslim terpadu berbasis wakaf ini baru dibuka tanggal 28 Juli 2024. Serta merupakan cita-cita dari KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) sebagai pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid yang ingin memiliki kawasan pemakaman terintegrasi.

Ketua Yayasan DSAS Alfian Faudi Mukdas mengatakan, DT Memorial Park merupakan pemakaman muslim terintegrasi berbasis wakaf yang konsepnya wisata islami.

Kawasan pemakaman akan dibuat senyaman dan seindah mungkin sehingga jauh dari kesan angker.

"Kami menawarkan program husnul khotimah yang dipersiapkan dari sebelum kematian, pada saat meninggal makamya disiapkan di sini, hingga pascameninggal," ucapnya saat ditemui di lokasi usai kegiatan survei lokasi untuk para konsumen yang sudah beli dan booking fee, Jumat (27/9/2024).

Hadirnya DT Memorial Park merupakan solusi atas permasalahan pemakaman muslim yang semakin sulit, terutama di perkotaan. Menyediakan layanan pemakaman sesuai syariah, dari mulai pengurusan jenazah hingga proses pemakaman dan ziarah setelah dimakamkan.

Menurut Alfian, program husnul khotimah ini sudah mencakup satu paket. Mulai dari area makam luasnya 1,6 meter x 2,6 meter termasuk wakaf, ada masjid, pesantren, area wisata, tempat makan, area panahan, plus pemandangan yang menakjubkan.

Untuk program awal ini pihaknya menawarkan harga Rp27 juta/makam dan itu sudah tidak ada biaya pemeliharaan lagi. Saat ini kawasan di Blok J atau blok Ubaydillah yang siap ditempati.

Jika sudah ada pemesan lalu meninggal dunia, maka akan ada tim yang mengurus dari proses awal hingga pemakaman.

"Nantinya di sini bisa menampung 5.300 area makam yang konsepnya dibuat tidak angker. Jadi ziarah rasa wisata," kata Alfian yang didampingi Humas Yayasan DSAS, Asep Ruslan.

Salah seorang konsumen yang mengikuti kegiatan survei ke lokasi Hermansyah (63) mengaku tertarik dengan konsep rumah masa depan yang ditawarkan DT Memorial Park di Ciseupan, Desa Giri Asih, Kecamatan Batujajar, KBB.

Dirinya sudah beberapa kali survei ke lokasi makam yang menawarkan konsep serupa, namun menjatuhkan pilihan ke DT Memorial Park. Selain aksesnya mudah, tempatnya bagus, dan manajemennya dipercaya karena dipegang oleh Daarut Tauhiid di bawah kepemimpinan Aa Gym.

"Di sini aksesnya dekat dan manajemennya bagus, jadi kalau anak cucu saya nanti datang ke sini bisa ziarah, ibadah, sekaligus rekreasi. Sekarang saya ambil empat kavling, untuk saya dan istri, juga besan laki-laki serta perempuan," kata warga Kota Baru Parahyangan, Padalarang, KBB, ini. (*)

Topik Menarik