Telkom Persembahkan BigAssistant dari BigBox, Solusi Chatbot AI Ciptakan Interaksi Cerdas Efisien

Telkom Persembahkan BigAssistant dari BigBox, Solusi Chatbot AI Ciptakan Interaksi Cerdas Efisien

Terkini | bandungraya.inews.id | Jum'at, 27 September 2024 - 19:50
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui visi AI for the Nation, menunjukkan komitmen dalam pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) bagi bisnis, masyarakat, dan negara. Telkom mempersembahkan inovasi BigAssistant dari BigBox guna membantu perusahaan dan institusi mengelola informasi secara lebih efisien. 

BigAssistant memanfaatkan kemampuan Generative AI untuk menghadirkan interaksi percakapan lebih cerdas, relevan, dan personal, sekaligus memperkuat daya saing bisnis di era digital.

EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa mengatakan, teknologi AI adalah kunci masa depan. Melalui BigAssistant, Telkom ingin memastikan semua elemen memiliki akses ke platform yang dapat memberdayakan. 

“Dengan kemampuan yang terus diperbarui dan diperluas, BigAssistant mendukung pengguna dalam meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan,” kata Budi Aryasa, Jumat (27/9/2024).

BigAssistant, ujar Budi Aryasa, hadir untuk menjawab tantangan tersebut dengan teknologi chatbot AI, yang memungkinkan pengguna mendapatkan jawaban lebih kontekstual sesuai kebutuhan. 

Layanan ini unggul sebagai pilihan utama karena mampu memberikan respons akurat dan lebih humanis, menciptakan interaksi lebih personal dan efektif untuk meningkatkan produktivitas perusahaan maupun instansi. 

 

Fitur unggulan seperti Multidata Knowledge memungkinkan BigAssistant menerima dan mengolah data dari berbagai sumber, termasuk dokumen teks, gambar, data tabular, URL website, hingga integrasi API. 

"Hal ini memastikan pengelolaan data yang lebih komprehensif, memberikan nilai tambah bagi pengguna dalam mengambil keputusan yang lebih tepat dan cepat," ujarnya. 

Budi Aryasa menuturkan, kemampuan Multichannel Endpoint juga memastikan aksesibilitas yang tinggi, memungkinkan pengguna berinteraksi dengan BigAssistant melalui berbagai saluran seperti WhatsApp, aplikasi BigAssistant, dan Telegram.

Fitur Knowledge Reference, tutur dia, akan bisa menyertakan sumber data dalam setiap jawaban, juga menjamin keabsahan dan transparansi informasi, untuk membangun kepercayaan yang lebih tinggi dengan pelanggan dan publik.

“Dalam berbagai skenario seperti layanan pelanggan, pencarian informasi, atau tugas-tugas operasional yang kompleks, BigAssistant membantu meningkatkan efisiensi dengan mengotomatisasi proses, mengurangi beban kerja manual, dan memungkinkan fokus pada tugas-tugas strategis lainnya,” tutur Budi Aryasa. 

Telkom dalam Pengembangan AI di Indonesia

Penggunaan BigAssistant, kata Budi Aryasa, juga mengotomatisasi banyak proses dan mengurangi ketergantungan pada intervensi manual, sehingga membantu perusahaan dan instansi mengurangi jejak karbon atau mendukung praktik bisnis dan pelayanan lebih ramah lingkungan, serta memastikan operasional efisien. 

 

“BigAssistant dari BigBox yang berada di bawah umbrella brand Leap Telkom Digital, terus membuktikan diri sebagai solusi AI yang efektif dan dapat diandalkan bagi berbagai jenis bisnis serta layanan publik," kata Budi Aryasa. 

Menurut Budi Aryasa, dengan fokus pada efisiensi, fleksibilitas, dan keberlanjutan, BigAssistant tidak hanya membantu perusahaan maupun instansi untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi, tetapi juga untuk berkembang dalam lingkungan digital yang terus berubah.

Melalui inovasi ini, ujar Budi, Telkom tidak hanya memberikan solusi teknologi inovatif, tetapi juga berkontribusi signifikan dalam mengembangkan ekosistem AI di Indonesia. 

Dengan memanfaatkan AI generatif, BigAssistant membantu mendorong transformasi digital di berbagai sektor yang memungkinkan perusahaan tetap kompetitif di pasar global yang semakin kompleks dan dinamis.

"Kami percaya bahwa teknologi AI adalah kunci masa depan. Melalui BigAssistant, kami ingin memastikan bahwa UKM, instansi, hingga korporasi besar memiliki akses ke platform yang dapat memberdayakan mereka. Dengan kemampuan yang terus diperbarui dan diperluas, BigAssistant mendukung pengguna dalam meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan,” ujarnya.

Topik Menarik