Bey Segera Kunjungi Lokasi Terdampak Gempa di Kabupaten Bandung

Bey Segera Kunjungi Lokasi Terdampak Gempa di Kabupaten Bandung

Terkini | bandungraya.inews.id | Rabu, 18 September 2024 - 13:00
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kabupaten Bandung diguncang gempa bumi Magnitude 5,0 pada pagi tadi, Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin segera meninjau langsung lokasi terdampak pada Rabu (18/9/2024) siang.

Bey mengatakan, dirinya langsung menuju Kabupaten Bandung memakai Kereta Cepat Jakarta-Bandung usai menghadiri Rapat Koordinasi Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun 2024 di Auditorium Sekretariat Wakil Presiden, Jakarta.

“Ini saya dari Jakarta langsung ke sana,” kata Bey, Rabu (18/9/2024).

Selain itu, Bey yang awalnya akan menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 di Alun-alun Kab. Subang mendelegasikan acara tersebut.

“Acara perhubungan saya limpahkan,” katanya.

 

Menurutnya ia akan langsung meluncur menuju titik yang dilaporkan terdampak oleh gempa tadi pagi.

Adapun data yang didapat dari BPBD Jabar, ada tiga desa di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung yang terdampak gempa tersebut.

Yakni, Desa/Kel Tarumajaya, Desa/Kel Cihawuk Desa/Kel Cibeureum, Kecamatan Kertasari Kab. Bandung.

Akibat gempa tersebut, hasil pendataan sementara kerusakan bangunan antara lain, 1 Unit Fasilitas kesehatan terdampak di Desa Cihawuk; 1 Unit Fasilitas Kesehatan di Desa Cibereum;1 Unit Bangunan (Polsek) Desa Cibereum; 1 Unit Bangunan KUA Desa Cibereum.

Dari informasi yang dihimpun, korban terdampak masih dalam tahap assessment. Upaya yang dilakukan BPBD Provinsi Jabar berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung dan BPBD Kabupaten Bandung melakukan asesmen.

 

Diketahui, gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 09.41 WIB. Gempa ini dinyatakan tak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG dalam laman resminya.

BMKG juga melaporkan lokasi gempa berada di titik koordinat 7,19 Lintang Selatan dan 107,67 Bujur Timur. Pusat gempa terletak di 24 kilometer arah tenggara Kabupaten Bandung pada kedalaman 10 Km.

Topik Menarik