Viral! Mantan Dubes Indonesia untuk Polandia Kritik Naturalisasi Pemain Timnas dan PSSI

Viral! Mantan Dubes Indonesia untuk Polandia Kritik Naturalisasi Pemain Timnas dan PSSI

Berita Utama | bandungraya.inews.id | Sabtu, 14 September 2024 - 05:20
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Heboh di media sosial, Mantan Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Peter Frans Gontha meluapkan kegalauannya terhadap naturalisasi pemain Timnas Indonesia.

Peter mengaku bahwa kondisi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) seperti ini dapat merendahkan martabat bangsa.

Dalam unggahan berupa gambar logo PSSI pada akun Instagram pribadinya @petergontha, ia mengutarakan kegalauannya dengan menulis delapan poin pertanyaan yang ia jawab sendiri.

Pertanyaan itu berisi pendapatnya tentang kondisi PSSI yang memilik sembilan pemain dari naturalisasi bangsa asing.

“Saya sungguh Galau, saya akan posting status yang akan membuat follower saya marah, tapi tidak apa saya ambil risiko ini, karena saya mau menjaga martabat bangsa saya" tulisnya, dikutip Jumat (13/9/2024).

 

Menurutnya, akan lebih baik untuk membina pemain asli asal Indonesia sejak kecil hingga dewasa daripada menaturalisasi pemain bangsa asing.

Kemudian, Peter juga berpendapat bahwa lebih baik kalah dengan terhormat daripada menang atau seri dengan memiliki pemain asing yang dinaturalisasi, yang menurutnya itu adalah cara merendahkan martabat bangsa.

1. Apakah anda cinta PSSI? (saya cinta)
2. Apakah anda cinta bangsa? (saya cinta)
3. Apakah anda tidak malu lihat PSSI 9 pemainnya adalah bangsa asing yang dinaturalisasi? (Saya malu).
4. Apakah kita bangsa besar? (saya rasa demikian)
5. Apakah anda tau bahwa naturalisasi mereka hanya sementara, karena mereka mempunyai dua paspor, nanti kalau sudah selesai main di Indonesia mereka akan buang status WNI mereka?(saya tau)
6. Apakah mereka mau membuang tunjangan sosial mereka dinegara nya begitu saja? (saya rasa tidak).
7. Apakah menurut anda tidak lebih baik membina pemain kita dari muda (SD s/d Dewasa)? (saya rasa demikian)
8. Apakah tidak lebih baik kalah dengan terhormat dari pada Menang atau seri dengan cara yang merendahkan martabat bangsa?(saya malu).

 

Peter bahkan mengungkapkan bahwa dirinya marah saat mendapati seorang teman mencemoh PSSI.

"Saya marah karena di ejek oleh seorang teman asing saya, yang saya usir dari kantor saya karena mencemoohkan PSSI!,” tulis Peter.

Seperti dugaan, banyak yang tidak setuju dengan pendapat Peter karena mereka meyakini PSSI dengan pemain asing yang dinaturalisasi bukan hal yang patut dianggap memalukan.

Selain itu, banyak juga yang beranggapan bahwa proses naturalisasi ini merupakan program jangka pendek PSSI. Selanjutnya, pemain yang dinaturalisasi juga merupakan pemain yang memiliki darah keturunan Indonesia.

Seperti dikutip dari akun TikTok @aminhhhhg pada Jumat (13/9/2024), berikut komentar warganet terkait ungghan Peter Gontha.

 

"Ya udah kalo betah di AFF ya silahkan aja pake lokal," tulis akun @mah***

"Warga asing? naturalisasi jaman Erick Thohir harus ada darah Indonesia," tulis akun @ris***

"Kasih tau Peter Gontha, mereka yang sepak bola maju aja masih butuh pemain naturalisasi," tulis akun @naw***

Topik Menarik