Baznas Jabar Dorong Peningkatan Kualitas Produk Mustahik Lewat Kurasi UMKM

Baznas Jabar Dorong Peningkatan Kualitas Produk Mustahik Lewat Kurasi UMKM

Ekonomi | bandungraya.inews.id | Sabtu, 6 Juli 2024 - 14:50
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat terus berupaya meningkatkan kualitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan melalui pelaksanaan program kurasi.

Bekerja sama dengan Baznas RI, Baznas Jabar melaksanakan program ini bertujuan untuk memastikan produk-produk UMKM yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan mampu bersaing di pasar yang lebih luas.

Sebanyak 110 mustahik hadir di Aula DMI untuk mengikuti kurasi UMKM berbasis orientasi produk. Mereka adalah mustahik yang telah mendapatkan bantuan modal oleh Baznas Jabar.

Hal ini dilakukan agar mereka terus berkembang dan mengoptimalkan produk agar tersertifikasi. Salah satu yang dilakukan dalam program kurasi, yaitu mengedukasi UMKM binaan untuk mendapatkan sertifikat NIB, PIRT, dan sertfikasi halal.

Wakil ketua II Baznas Jabar Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Ali Khosim mengatakan, bahwa program kurasi ini merupakan langkah strategis untuk mendukung para pelaku UMKM untuk meningkatkan pendapatan dengan memberikan nilai tambah bagi produk yang dijual.

"Kami melihat potensi besar dalam UMKM binaan Baznas Jabar. Melalui program kurasi, kami tidak hanya memberikan pendampingan tetapi juga memastikan produk yang dihasilkan memiliki standar kualitas yang tinggi, dengan memberikan nilai tambah produk sehingga pendapatan UMKM binaan juga bisa meningkat," kata Ali, Sabtu (6/7/2024).

Dengan adanya program kurasi ini, kata Ali, Baznas Jabar berharap dapat meningkatkan perekonomian daerah serta membantu para pelaku UMKM untuk lebih mandiri dan berdaya saing.

"Kami akan terus berkomitmen untuk mendukung dan mengembangkan UMKM di Jawa Barat, karena kami percaya bahwa UMKM adalah tulang punggung perekonomian," ucapnya.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM binaan Baznas Jabar, Doni mengaku sangat terbantu dengan adanya program kurasi ini.

Setelah mengikuti program kurasi dari Baznas, kami mendapat banyak masukan untuk meningkatkan kualitas produk salah satunya dengan mendapatkan sertifikasi halal," tandasnya.

Topik Menarik