Prodi Filsafat Unika St. Paulus Ruteng, Akreditasi A Unggul, Satu-satunya di NTT

Prodi Filsafat Unika St. Paulus Ruteng, Akreditasi A Unggul, Satu-satunya di NTT

Terkini | alor.inews.id | Minggu, 6 Oktober 2024 - 19:30
share

Kupang, iNewsAlor.id- Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XV (LLDIKTI XV) terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu penylelenggaraan pendidikan tinggi di Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Dalam Keterangan Pers di Kupang, Rabu 02 Oktober 2024, Kepala LLDIKTI XV, Prof. Dr. Adrianus Amheka, ST., M.Eng, menguraikan capai Hingga bulan Oktober 2024, berbagai program dan layanan telah dilaksanakan untuk mendukung institusi pendidikan tinggi dan mahasiswa di wilayah kerjanya yang mencakup 57 Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Capaian Layanan Kelembagaan

Dalam hal akreditasi, LLDIKTI XV mencatat bahwa dari 57 PTS, 12 di antaranya telah mendapatkan akreditasi dengan predikat Baik Sekali (B), sementara 41 PTS terakreditasi dengan predikat Baik (C). Namun, masih terdapat 4 PTS yang belum terakreditasi. Di tingkat program studi, dari 344 program studi yang diakreditasi, 1 program studi (Filsafat di Unika St. Paulus Ruteng) memperoleh predikat Unggul (A), 126 program studi berpredikat Baik Sekali (B), dan 213 program studi berpredikat Baik (C), sedangkan 4 program studi masih belum terakreditasi.

Fasilitas Layanan Kemahasiswaan

LLDIKTI XV juga memberikan dukungan kepada mahasiswa melalui berbagai program. Tercatat, sebanyak 26 PTS telah menyelenggarakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri dengan 76 program studi berpartisipasi. Untuk Beasiswa KIPK pada tahun 2024, LLDIKTI XV berhasil memberikan beasiswa kepada 1,114 mahasiswa. Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri (PMM 15) melibatkan 8 PTS pengusul dan 20 PTS penerima, dengan total 2,097 mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan hybrid (online dan offline).

Fasilitas Layanan Sistem Informasi

Data terkini dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) menunjukkan bahwa terdapat 57 PTS dengan total mahasiswa aktif mencapai 83,675 dan jumlah dosen sebanyak 3,198. Dosen-dosen ini terdiri dari berbagai ikatan kerja, dengan 2,858 memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), 88 dengan Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK), dan 252 dengan Nomor Urut Pendidik (NUP).

Fasilitas Layanan Sumber Daya

Dalam aspek sumber daya manusia, jumlah dosen yang tidak memiliki jabatan fungsional mencapai 1,398, sementara jumlah dosen dengan jabatan fungsional lainnya termasuk 12 Profesor, 34 Lektor Kepala, 957 Asisten Ahli, dan 843 Lektor. Berdasarkan tingkat pendidikan, terdapat 53 dosen dengan gelar S3, 2,740 dengan gelar S2, 186 dengan gelar S1, 11 dengan gelar D4, 9 dengan gelar Profesi, dan 27 dosen tanpa jenjang pendidikan.

Pembentukan Satgas PPKS

Dalam rangka mencegah dan menangani kekerasan seksual di lingkungan pendidikan tinggi, LLDIKTI XV telah membentuk Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). Saat ini, sebanyak 16 PTS telah membentuk satgas ini, sementara 21 PTS dalam tahapan calon pansel dan pansel aktif, serta 12 PTS dalam tahapan admin portal.

Kerja Sama Trilateral

LLDIKTI XV juga memfasilitasi pembentukan konsorsium trilateral antara LLDikti VIII, LLDikti XII, dan LLDikti XV. Konsorsium ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan tinggi, kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan kualitas SDM dosen dan optimalisasi pendidikan vokasi.

Capaian-capaian ini menunjukkan komitmen LLDIKTI XV dalam mendukung pengembangan pendidikan tinggi di Nusa Tenggara Timur, serta memperkuat kolaborasi antara perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan bagi mahasiswa.

Topik Menarik