Gerindra: Jangan Ragukan Komitmen Prabowo Tingkatkan Kesejahteraan Buruh

Gerindra: Jangan Ragukan Komitmen Prabowo Tingkatkan Kesejahteraan Buruh

Nasional | sindonews | Rabu, 1 Mei 2024 - 21:44
share

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono menyatakan jangan meragukan komitmen Presiden terpilih Prabowo Subianto dalam meningkatkan kesejahteraan buruh . Hal itu dikatakannya dalam rangka menyambut Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day.

Pria yang akrab disapa Mas Dar ini meminta kaum buruh di Tanah Air, khususnya di Jateng bahu membahu dengan masyarakat mendukung Pemerintahan Prabowo-Gibran yang telah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Jangan pernah ragukan komitmen Prabowo untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama kaum buruh," ujar Mas Dar di Semarang, Jateng, Rabu (1/5/2024).

Dia memahami beberapa tuntutan yang selalu disuarakan buruh menyangkut kepentingan masa depan di antaranya pencabutan Omnibus Law UU Cipta Kerja, kenaikan upah, dan jaminan perlindungan sosial yang lebih baik.

Menurut dia, Prabowo menyadari bahwa kesejahteraan kaum buruh di Tanah Air belum ideal. Untuk itu Prabowo memiliki komitmen kuat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya kelompok buruh dan penduduk miskin.

"Usaha ini akan dilakukan secara bertahap pada semua sektor pekerjaan yang menjadi kantong-kantong kemiskinan," katanya yang juga digadang-gadang menjadi Calon Gubernur Jateng itu.

Mengutip data BPS, dari 20 juta tenaga kerja di Jateng, buruh di sektor pertanian dan industri masih mendominasi. Sebanyak 4,9 juta jiwa (24,43) bekerja di sektor pertanian dan 4,2 juta (20,94) menjadi buruh di sektor industri. Sementara jumlah penduduk miskin sangat besar mencapai 3,79 juta jiwa (10,77).

"Butuh komitmen dan upaya serius melepas jerat kemiskinan, khususnya kaum buruh di Jateng," ucapnya.

Menurut dia, Prabowo telah menyiapkan berbagai agenda serius untuk memutus mata rantai kemiskinan, termasuk kaum buruh. Pertama, program makan siang gratis bagi anak-anak akan diprioritaskan bagi keluarga buruh dan penduduk miskin di Jateng.

Kedua, mendukung usaha pertanian dengan mempermudah penyediaan pupuk bagi petani. Ketiga, memberikan perhatian yang semakin serius kepada kelompok pedagang pasar dan UMKM di Jateng.

Dia menambahkan masih banyak instrumen yang disiapkan Prabowo untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama kaum buruh. "Pokoknya seluruh program pemerintahan Prabowo itu sasarannya meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Mas Dar.

Topik Menarik