Perum Perumnas Gandeng Pelaku UMKM Perempuan di Paras Ayu Fest 2024

Perum Perumnas Gandeng Pelaku UMKM Perempuan di Paras Ayu Fest 2024

Nasional | sindonews | Rabu, 1 Mei 2024 - 20:30
share

Perum Perumnas kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan program UMKM dengan menyelenggarakan Paras Ayu Fest 2024. Program ini menjadi upaya Perumnas dalam memperkuat perekonomian UMKM serta menjadi satu rangkaian event dalam menyemarakkan Hari Kartini 2024.

Rangkaian event Paras Ayu Fest 2024 berlangsung selama 3 hari mulai dari 25-27 April 2024. Wakil Direktur Utama Perum Perumnas Tambok Setyawati meresmikan pembukaan event di Wisma Perumnas dan diikuti oleh masyarakat sekitar serta BUMN infrastruktur lainnya.

Peringatan Hari Kartini 2024 kali ini, Perumnas menginisiasi event dengan memadukan beberapa kegiatan sosial yang melibatkan peran perempuan di antaranya Bazar UMKM, Lomba Twibbon untuk karyawati Perumnas, serta olahraga Pound Fit yang menjadi acara puncak di Paras Ayu Fest 2024, ujar Tambok, Rabu (1/5/2024).

Sepanjang pergelaran bazar berlangsung, beragam produk pelaku UMKM cukup banyak diminati serta menunjukkan antusiasme yang cukup tinggi dari para pengunjung. Perumnas menghadirkan 36 UMKM yang terdiri dari pelaku usaha sekitar dan pelaku usaha perempuan di mana 8 mitra di dalamnya merupakan UMKM binaan Perumnas.

Produk yang dihadirkan juga beragam, mulai dari produk kuliner makanan dan minuman, pakaian batik, serta kerajinan tangan kreasi produk lokal berupa tas dan aksesoris pakaian.

Sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir, Perumnas sebagai BUMN turut mendorong kemajuan UMKM. Bazar ini ditujukan mengenalkan UMKM binaan Perumnas kepada karyawan di lingkungan korporasi dan masyarakat sekitar khususnya di Jakarta Timur. Pelaku UMKM juga dapat merambah dan memperluas target pasar dengan adanya event ini, ungkap Tambok.

Menurut dia, acara ini sejalan dengan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dengan memperhatikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) dalam rangka penguatan UMKM.

Kemudian, mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta pelaksanaan yang tidak hanya memberikan manfaat positif bagi masyarakat, tetapi juga menciptakan nilai tambah ekonomi bagi perusahaan melalui program kemitraan.

Rangkaian Paras Ayu Fest 2024 juga diisi lomba twibbon sebagai ajang unjuk gigi peran perempuan masa kini dalam kesehariannya. Lomba ini memberikan kesempatan bagi perempuan untuk berkreasi dan mengekspresikan diri mereka melalui media sosial, juga mempromosikan pesan-pesan positif yang mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Pada puncaknya, Perumnas turut menyelenggarakan event olahraga Pound Fit yang diikuti lebih dari 100 perempuan. Melalui kegiatan ini, para peserta tidak hanya dapat menjaga kesehatan fisik mereka tetapi juga merasakan semangat kolaboratif dan dukungan antarperempuan dalam melakukan gaya hidup sehat dan aktif.

Paras Ayu Fest 2024 yang telah diinisiasi Perumnas ini menjadi sebuah wadah apresiasi bagi para perempuan yang menjadi cerminan dari sosok RA Kartini masa kini.

Topik Menarik