Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk, Habiskan Anggaran Rp 1,4 Triliun

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk, Habiskan Anggaran Rp 1,4 Triliun

Nasional | okezone | Kamis, 2 Mei 2024 - 08:59
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tiu Suntuk di Kecamatan Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusantara Tenggara Barat (NTB) pada hari ini Kamis (2/5/2024).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pagi hari ini saya resmikan Bendungan Tiu Suntuk," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengatakan bahwa air menjadi kunci bagi kehidupan masyarakat Indonesia karena adanya perubahan iklim. Air, katanya, menjadi sangat penting utamanya bagi pertanian dan untuk di konsumsi.

"Oleh sebab itu pemerintah 10 tahun ini membangun 7 bendungan di NTB, hanya di NTB. Paling banyak," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan bahwa pembangunan Bendungan Tiu Suntuk menghabiskan anggaran sekitar Rp 1,4 Triliun.

"Dan bendungan Tiu Suntuk ini jadi salah satu bendungan yang besar, berada di Sumbawa Barat menghabiskan anggaran Rp 1,4 triliun. Artinya Rp 1.400 miliar, itu duit semuanya," jelasnya.

Nantinya, kata Jokowi, Bendungan Tiu Suntuk bisa menampung hingga 60,8 juta meter kubik air. Nantinya bendungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk irigasi, hingga reduksi banjir.

"Kapasitasnya 60,8 juta meter kubik menampung air sebanyak itu besar sekali. Manfaatnya untuk irigasi 1900 hektare, air baku 680 liter per detik, dan reduksi adanya banjir di sekitar Sumbawa barat," ungkapnya.

Topik Menarik