Humor Gus Dur Tetang 3 Tipe Orang NU, Ada yang Gila

Humor Gus Dur Tetang 3 Tipe Orang NU, Ada yang Gila

Nasional | okezone | Kamis, 2 Mei 2024 - 06:03
share

JAKARTA - Dalam buku "Mati Tertawa Bareng Gus Dur", disebutkan bahwa Abdurrahman Wahid alias Gus Dur membagi anggota Nahdlatul Ulama (NU) menjadi tiga kategori, mulai dari yang biasa saja hingga "gila".

Diketahui, Presiden keempat RI ini memiliki ikatan yang erat dengan NU, sebuah organisasi keagamaan yang sangat berpengaruh. Namun terkadang, dia merasa agak frustrasi dengan sikap kurang sensitif dari sebagian anggota NU.

Rumah Gus Dur di Ciganjur selalu dipenuhi tamu dari pagi hingga larut malam bahkan dini hari, baik dari kalangan NU maupun lainnya dari luar kota.

"Kalau mereka datang dari pukul tujuh pagi hingga jam sembilan malam, dan menceritakan tentang NU, itu biasanya orang NU yang memang punya komitmen dan fanatik terhadap NU," ujar Gus Dur.

"Orang NU jenis yang kedua, mereka yang meski sudah larut malam, sekitar jam dua belas sampai jam satu malam, namun masih mengetuk pintu untuk membicarakan NU, itu namanya orang gila NU," jelasnya.

"Tapi kalau ada orang NU yang masih juga mengetuk pintu rumah saya jam dua dini hari hingga jam enam pagi, itu namanya orang NU yang gila," kata Gus Dur sambil terkekeh.

Topik Menarik