TNI AL Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jaringan Internasional Asal Malaysia

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jaringan Internasional Asal Malaysia

Nasional | okezone | Rabu, 1 Mei 2024 - 02:42
share

 

JAKARTA - Tim gabungan dari Second Fleet Quick Response (SFQR) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Nunukan menggagalkan penyelundupan narkotika jaringan Internasional asal Tawau Malaysia.

Komandan Lanal Nunukan, Letkol Laut (P) Handoyo menjelaskan, narkotika jenis sabu seberat 1.018 gram dan 500 pil ekstasi itu diselundupkan melalui Perairan Sebatik Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Senin kemarin (29/4/2024).

"Penggagalan tersebut dimulai pada saat tim gabungan mendapatkan informasi akan adanya penyelundupan Narkotika jenis sabu-sabu dan pil ekstasi dari Tawau Malaysia dengan tujuan Sebatik, Kabupaten Nunukan. Selanjutnya tim gabungan melaksanakan briefing taktis untuk meningkatkan patroli di Perairan Sebatik," kata Handoyo melalui keterangan resminya, Selasa (30/4/2024).

Tim gabungan, kata Handoyo, langsung mendalami informasi tersebut dan memperkuat intensitas Keamanan Laut (Kamla).

"Sekitar pukul 20.50 WITA, tim melihat satu speedboat mencurigakan dari arah Malaysia, selanjutnya tim langsung mendekat untuk melaksanakan pemeriksaan, akan tetapi speed boat tersebut langsung bermanuver berbalik arah untuk melarikan diri," katanya.

Handoyo mengungkap, saat dikejar, ABK Speed Boat tersebut membuang bungkusan plastik besar ke laut.

"Dikarenakan speed boat sudah memasuki perbatasan laut Indonesia-Malaysia di Tawau, tim memutuskan untuk kembali menyisir dan mencari barang bukti tersebut, dan akhirnya tim menemukan Narkotika jenis sabu-sabu seberat 1.018 gram dan kurang lebih 500 butir pil ekstasi," katanya.

Selanjutnya barang bukti narkoba tersebut diserahkan kepada Satres Narkoba Polres Nunukan untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Topik Menarik