Masinton Pasaribu: Demokrasi Itu Mensyaratkan Adanya Oposisi

Masinton Pasaribu: Demokrasi Itu Mensyaratkan Adanya Oposisi

Nasional | okezone | Rabu, 1 Mei 2024 - 03:07
share

JAKARTA - Politisi PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu memandang bahwa peran oposisi atau partai politik yang berada di luar pemerintahan sangat penting keberadaannya. Menurutnya, hal itu merupakan syarat daripada sistem demokrasi.

Hal ini disampaikan Masinton dalam dialog spesial Rakyat Bersuara bertajuk 'Ramai Koalisi Negeri Tanpa Oposisi' yang digelar iNews, Selasa (30/4/2024).

Masinton mengakui memang bersanding adalah hal yang baik setelah bertanding. Namun, bersanding bukan berarti harus ikut ke dalam gerbong pemerintahannya.

"Nah bagi saya, saya meyakini bahwa demokrasi itu mensyaratkan adanya oposisi. Ada oposisi berarti adanya demokrasi di situ," kata Masinton dalam paparannya.

Dalam konteks ketatangeraan saja, kata dia, peran parpol yang berada di luar pemerintahan sangat penting untuk menjalankan check and balances bagi pemerintah.

Meski begitu, tuturnya, apa yang disampaikan ini tidak dalam kapasitas mewakili partainya. Sehingga, tidak serta merta apa yang dikatakannya ini sebagai sebuah sinyal PDIP akan mengambil peran oposisi.

"Tetapi dalam pandangan saya, penting Pak (keberadaan oposisi). Artinya dalam kontestasi itu, pemenang ya dia membentuk pemerintahan, menyusun kabinet segala macam. Yang Belum menang, ya dia bisa menentukan pilihannya untuk di luar pemerintahan," ujarnya.

Topik Menarik