Peristiwa 2 Mei: Hari Pendidikan Nasional, Osama Bin Laden Tewas

Peristiwa 2 Mei: Hari Pendidikan Nasional, Osama Bin Laden Tewas

Nasional | okezone | Kamis, 2 Mei 2024 - 05:08
share

SEJUMLAH peristiwa pernah terjadi dan menjadi catatan sejarah pada 2 Mei. Salah satunya ditetapkannya Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Berikut sejumlah peristiwa yang terjadi pada 2 Mei yang diperoleh dari berbagai sumber:

1536 - Ratu Inggris Anne Boleyn Dipenjara Suaminya Sendiri

Anne Boleyn merupakan seorang permaisuri Raja Inggris pada 1533 sampai 1536 dari Raja Henry VIII. Dia merupakan permaisuri Inggris pertama yang dihukum mati di depan umum. Kisah tragis mengenai kehidupan Anne Boleyn sering digunakan sebagai inspirasi dari cerita maupun film. Dalam sejarah Inggris, Anne Boleyn adalah salah satu wanita yang paling kontroversial karena dikagumi sekaligus dicaci-maki masyarakat.

Agar dapat menikahi Jane Seymour, Raja Henry VIII mencari cara menyingkirkan Anne Boleyn dengan menuduhnya melakukan perselingkuhan. Pada 2 Mei 1536, Anne ditangkap dan dinyatakan bersalah atas tuduhan memiliki hubungan gelap dengan lima pria, termasuk saudaranya sendiri.

1959 - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)

Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional adalah hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.

Hardiknas diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai Bapak Pendidikan Nasional di Indonesia.

1611 - Terbitnya Alkitab Versi Raja James

Alkitab Versi Raja James adalah suatu terjemahan alkitab ke dalam bahasa Inggris, yang pekerjaannya diperintahkan Raja James I dari Inggris untuk gereja Inggris.

Alkitab ini pertama kali diterbitkan pada 1611. Alkitab ini mempunyai dampak yang sangat mendalam bukan hanya terhadap kebanyakan terjemahan bahasa Inggris yang dibuat sesudahnya, tetapi juga terhadap pemakaian bahasa Inggris baku serta kesusastraan Inggris pada umumnya.

Topik Menarik