Jelang Mudik Lebaran 2024, Pemerintah Imbau Masyarakat Gunakan Angkutan Umum

Jelang Mudik Lebaran 2024, Pemerintah Imbau Masyarakat Gunakan Angkutan Umum

Nasional | okezone | Selasa, 2 April 2024 - 06:30
share

JAKARTA - Pemerintah memastikan sejumlah kesiapan untuk mudik Lebaran 2024. Sejumlah imbauan pun dikeluarkan oleh pemerintah agar masyarakat bisa melaksanakan mudik dengan aman salah satunya dengan menggunakan angkutan umum.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama, Kemenko PMK, Warsito mengatakan bahwa mudik mempunyai fungsi internal yakni refresh maupun eksternal yakni ekonomi, sosial, kemudian religius.

Betul memang kita selalu mendorong sejatinya masyarakat, satu yang mudik memang kita harapkan karena ini salah satu tujuan pemerintah juga bagaimana apa nanti produktivitas kinerja setelah mudik jelas akan refresh itu satu dari fungsi internal. Fungsi eksternal tadi fungsi ekonomi, sosial, kemudian religius, kata Warsito dalam dialog di Hotel Aryaduta, Jl Prajurit KKO Usman Harun No. 44 Gambir, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024).

Oleh karena itu, kata Warsito, untuk mendukung itu kenyamanan maka harus didukung prosesnya dalam perjalanan. Salah satunya, mudik dengan menggunakan transportasi umum. Maka betul pemerintah berharap memang mudiknya diharapkan menggunakan kendaraan umum, fasilitas kendaraan umum, baik yang memang berbayar maupun gratis.

Warsito mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan koordinasi dalam hal ini Kementerian Perhubungan yang menyiapkan mudik gratis baik orang pribadi maupun kendaraan motor. Ada dua jenis, gratis ini yang sifatnya bus dan juga sifatnya motor. Maksud saya ada orang pribadi dan juga motor.

Jadi kalau saya catat atau kita teliti, kita cari data bahwa dari koordinasi yang telah disampaikan Kementerian Perhubungan saja kurang lebih 40.000 kursi oleh Kementerian Perhubungan itu untuk arus balik dan arus mudik, kata Warsito.

Warsito mengatakan dari BUMN kurang lebih 80.000 kursi mudik gratis juga telah disiapkan. Bahkan yang kami koordinasi dua hari juga puncak itu di daftar online itu, mudah-mudahan bisa dilakukan pendaftaran yang masif. Itu dari sisi pemerintah belum dari pihak swasta dalam hal ini perusahaan, yang itu koordinasinya dengan Kemenaker yang angka persisnya kami tidak mendapatkan.

Sementara itu, kata Warsito, untuk kendaraan motor juga ada mudik gratis. Kendaraan motor teman-teman Dirjen Perhubungan dalam hal ini adalah Dirjen Perkeretaapian itu memfasilitasi mudik menggunakan membawa motor dengan catatan beli tiketnya minimal 2, artinya yang akan menggunakan motor itu nanti naik kereta api. Nah itu gratis motornya itu di sekitar ada 18 Stasiun itu nanti silakan di cek data lebih detail.

Tentu dengan cara ini, artinya mudik gratis juga didorong menggunakan pribadi dan juga motor sehingga memungkinkan meminimalisir terjadinya tentu kerawanan di perjalanan karena capek dan seterusnya, pungkasnya.

Topik Menarik