SMP Muhammadiyah PK Surakarta Gelar Wisuda Tahfiz

SMP Muhammadiyah PK Surakarta Gelar Wisuda Tahfiz

Nasional | badung.inews.id | Rabu, 1 Mei 2024 - 21:10
share

SOLO, iNewsbadung.id - SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta gelar wisuda tahfiz atau tahfizul quran, bertema "Mahkota untuk Ayah Bunda". 

Wisuda yang diikuti 49 siswa ini disebutkan Widi Kusumajati, S.Pd., Ketua Panitia, digelar agar para siswa cinta Al Quran dan rajin membaca Al Quran. 

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi amal jariyah bagi orang tuanya," ujar Widi Kusumajati di Multazam Hotel Solo. 

Widi Kusumajati menambahkan, bahwa para siswa telah melalui proses cukup panjang, di mana dari awal tahun fokus menghafalkan Al Quran. 

Setiap pagi para siswa dikatakan Widi Kusumajati selalu mengikuti kelas tahfiz menghafalkan Al Quran dan tahfiz camp.

Ke depan, kegiatan akan berlanjut dengan juziyah atau menghafalkan Al Quran sekali duduk sebanyak satu juz. 

 

Ary Yulistiana, orang tua siswa Hafizha Addina Aisy Syahri mengaku bangga atas terselenggaranya wisuda tahfiz. 

Menurut Ary Yulistiana, sekolah telah banyak.memberikan dukungan dan fasilitas bagi siswa-siswi. 

"Sekolah tidak hanya mengajarkan materi akademis, tetapi mengajak siswa mempelajari Al Quran sebagai landasan belajar," terang Ary Yulistiana. 

Ary berharap, di masa mendatang program tahfiz semakin baik dan banyak yang hafal Al Quran, sehingga berkah dunia akhirat ungkapnya.

Meskipun putrinya sudah menghafalkan Al Quran sejak TK , namun sampai sekarang tetap istikomah. 

Sebagai orang tua, Ary selalu mendoakan dan mengingatkan agar putrinya terus semangat, istikomah dalam menghafalkan Al Quran. 

 

Sementara Hafizha mengaku semakin termotivasi menghafalkan Al Quran, serta mengaku senang dapat mengikuti wisuda tahfiz juz 4.

"Alhamdulillah selama ini sudah menghafal 6 juz, karena ingin membahagiakan kedua orang tua," kata  Hafizha. 

Almira Syakira Rifda Yokhisuno, salah satu siswa mengaku mampu menghafalkan 2 juz yakni juz 26 dan juz 27. 

Bagi Almira Syakira Rifda Yokhisuno, cara menghafalkan Al Quran yang cukup ampuh adalah meluangkan waktu sebelum tidur, untuk mendengarkan murotal Al Quran. 

Selain itu juga memanfaatkan waktu sesudah mengerjakan sholat untuk menghafalkan ayat Al Quran, serta konsisten dalam murojaah hafalan Al Quran.

Terkait kegiatan wisuda tahfiz yang digelar belum lama ini, Abdul Hakam Faruq, Pimpinan Majelis Pendidikan PDM Kota Surakarta (Solo) merasa berbahagia dapat menyaksikan langsung acara wisuda tahfizul quran.

 

Kegiatan ini disebutkan Abdul Hakam Faruq sangat membanggakan, karena itu ke depan, SMP Muhammadiyah PK akan semakin banyak memiliki siswa berprestasi dan tahfiz Al Quran. 

“Dengan dasar inilah SMP Muhammadiyah PK akan menjadi mercusuar dan terdepan dalam dunia pendidikan, sehingga mampu dicontoh sekolah-sekolah lain," jelas Abdul Hakam Faruq. 

Dari 49 wisudawan atau wisudawati tahfiz, ada dua wisudawan terbaik yang menerima penghargaan, yakni Ariobimo Hananto Seno dan Guntur Pandego Abimanyu.

Semoga tulisan tentang SMP Muhammadiyah PK Surakarta gelar wisuda tahfiz ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik